Pelaksanan In House Training Komunikasi Informasi dan Edukasi Dalam Asuhan Pasien di RSUD dr. Soedirman Kebumen
Pelaksanan In House Training Komunikasi Informasi dan Edukasi Dalam Asuhan Pasien di RSUD dr. Soedirman Kebumen
Perubahan paradigma standar akreditasi baru diaplikasikan pada pelayanan berfokus pasien. Patient safety atau keselamatan pasien menjadi standar utama. Kesinambungan pelayanan harus dilakukan baik saat merujuk keluar maupun serah terima pasien di dalam rumah sakit. Di rumah sakit perlu adanya koordinasi yang baik antar petugas untuk mengantisipasi kesalahpahaman atau konflik dengan pasien. Tenaga kesehatan di rumah sakit seperti perawat dan dokter harus bisa mempraktikkan komunikasi yang efektif dengan pasien.
Selain itu dalam rangka menindaklanjuti hasil Bimbingan Akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1, bahwa seluruh sumber daya manusia di rumah sakit perlu memperoleh fasilitasi untuk dapat menerapkan komunikasi yang efektif mengingat pentingnya komunikasi efektif untuk keselamatan pasien.
Serta berdasarkan standar Manajemen Komunikasi dan Edukasi (MKE) Elemen 7 bahwa standar keselamatan pasien yang harus diterapkan Rumah Sakit, salah satunya yang berbunyi yaitu ”Profesional Pemberi Asuhan (PPA) sudah terampil melakukan komunikasi efektif“. Dengan dasar tersebut cara berkomunikasi yang baik bagi para staff dan SDM di rumah sakit merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai petugas rumah sakit di setiap departemen. Untuk mengantisipasi tuntutan tersebut agar dapat menerapkan komunikasi yang efektif dengan pasien, perlu dilakukan peningkatan kualitas SDM di rumah sakit supaya lebih berkualitas.
Untuk itu pada tanggal 23 Juli 2020 dan 25 Juli 2020, Bagian Pendidikan dan Pelatihan, bekerjasama dg PKRS RSUD dr. Soedirman menyelenggarakan acara In House Training "Komunikasi Informasi dan Edukasi Dalam Asuhan Pasien" bagi karyawan dan karyawati.
Acara ini diawali dengan Ceremonial Pembukaan oleh Direktur
Rsud Soedirman Kebumen
dr. Widodo Suprihantoro
, MM beserta Kepala Pelayanan Medis, dr. Sri Fatmahwati
, Kepala Pendidikan dan Pelatihan, Nugroho Wisnu Haryoko
dan Ketua Panitia, dr. Nurmi Widyarti Kesumo
, Sp. KJ.Bertempat di Auditorium dengan dihadiri sekitar 60 peserta yang terdiri dari Dokter / Ka KSM, Perawat, Petugas Laboratorium, Petugas Gizi, Petugas Farmasi, Petugas Rehabilitasi Medik, Instalasi Radiologi dan Instalasi Rawat Jalan.
Dalam kegiatan ini panitia mendatangkan Narasumber dari Internal Rumah Sakit yang sudah kompeten dalam bidangnya
----------------------------------------------------
Rumah Sakit dr. Soedirman Kebumen
Melayani Dengan Senyum
Jl. Lingkar Selatan Muktisari Kebumen
CALL Centre : (0287)3873318 / (0287)381101
- Instagram : @rsuddrsoedirman
- Youtube : RSUD dr. SOEDIRMAN KEBUMEN
- Website : http://rsuddrsoedirman.kebumenkab.go.id
--------------------------------------------------------
__________________________________________
---- Berita Terkait ----