LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERDASARKAN JALUR PENGADUAN (TRIWULAN I/2023)
LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERDASARKAN JALUR PENGADUAN (TRIWULAN I/2023)
Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat
Laporan Monitoring dan Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat periode Triwulan I Tahun 2023 berdasarkan Jalur Aduan.
- Sebagai institusi pelayananpublik, RSUD dr Soedirman menyadari keterbukaan informasi publik merupakan sarana optimal pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara.
- Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik mendorong pelayanan yang transparan dan akuntabel. Guna meraih kepercayaan yang tinggi dar ipublik,maka RSUD dr. Soedirman Kebumen senantiasa berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat salah satunya dengan pemantauan dan evaluasi penanganan pengaduan masyarakat, penyebarluasan informasi yang akurat sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010t tentang Pelaksanaan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik tersebut, yang diikuti dengan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik.
- Dengan demikian, diharapkan pelayanan publik menjadi semakin profesional dan informatif sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan meminimalisasi adanya pengaduan pengguna layanan.
- Pengaduan masyarakat adalah informasi / pemberitahuan yang disampaikan oleh masyarakat baik perseorangan dan atau secara internal dan eksternal yang berisi keluhan atau pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan atau pengabaian hak dan kewajiban pasien.
Terdapat dua bentukpengaduanyaitu :
- Pengaduan secara langsung dilakukan oleh masyarakat dengan cara datang langsung keruang pengaduan atau bertemu langsung dengan petugas dan/ataupejabat yang berwenang untuk menangani aduan masyarakat / pasien / keluarga pasien.
- Pengaduan secara tidak langsung biasanya dilakukan melalui pesansingkat (SMS), whatsapp, email, IG, Facebook, website atau aplikasi yang dibuat secara khusu suntuk saluran pengaduan online.
File Terkait:
--
---- Berita Terkait ----