SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT SEMESTER 2 TAHUN 2022
SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT SEMESTER 2 TAHUN 2022
Survei Kepuasan Masyarakat Rumah Sakit merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat (Pasien) pada Unit Rawat Jalan dan Unit Rawat Inap terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedirman yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan kesehatan dan mengetahui kinerja pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan RSUD dr. Soedirman
Metode: Pengambilan data survei ini menggunakan instrument kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Dalam survei ini mendapatkan sampel 3464 responden. Teknik pengambilan data ini dengan cara penyebaran kuesioner dan wawancara, Kuesioner mencakup 9 indikator unsur pelayanan yaitu Persyaratan Pelayanan, Sistem Mekanisme Prosedur, Waktu Penyelesaian, Biaya/Tarif, Produk Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Penanganan Pengaduan/Saran/Masukan, serta Sarana dan Prasarana. Responden dipilih secara acak di dua area pelayanan, yaitu Rawat Jalan dan Rawat Inap.
Berdasarkan hasil dari analisis data dapat diketahui bahwa nilai IKM pelayanan pada semester dua (Juli-Desember) 2022 yaitu 83.73
Berdasarkan analisis secara keseluruhan pengukuran Indeks Kepuasan dapat disimpulkan bahwa nilai IKM telah memenuhi harapan yang ditentukan dengan cakupan nilai sebesar 83.73% dengan kategori mutu pelayanan B (baik).
Semoga kedepannya RSUD dr. Soedirman dapat memenuhi Kebutuhan dan Harapan Pelanggan di Kabupaten Kebumen dan sekitarnya guna peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.