Berita / Publikasi Mutu / Detail

Diseminasi Survei Kepuasan Masyarakat

RSUD dr. Soedirman Kebumen 19 Desember 2018 10:02:48 WIB dibaca 33 kali
  • Latar belakang

Sesuai amanah UU No 25/2009 tentang Pelayanan Publik “Setiap penyelenggara pelayanan publik harus melakukan evaluasi kinerja secara berkala” dilakukan analisis dan penilaian unsur pelayanan yang masih harus ditingkatkan. 

  • Dasar Hukum kegiatan

UU No 25/2009 tentang Pelayanan Publik.

PermenPAN – RB No 14/2017 tentang Pedoman Penyusunan survei Kepuasan Masyarakat.

Keputusan Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen No 445/025/KEP/2018 tentang pembentukan Tim Survey IKM .

  • Tujuan Kegiatan

Mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan RSUD dr Soedirman .

Mengetahui unsur pelayanan yang belum memenuhi harapan masyarakat.

Menyediakan data / informasi sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.

Sebagai salah satu sarana pengawasan masyarakat terhadap kinerja RSUD dr Soedirman.

  • Metodologi 

Ruang lingkup

9 Unsur  pelayanan : persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, spesifikasi produk  kompetensi, perilaku, sarana/fasilitas, penanganan aduan.

Unit pelayanan : pelayanan pasien rawat inap dan rawat jalan, penunjang pelayanan ( Laborat , farmasi, fisioterapi, radiologi, parkir, pelayanan jenazah, kasir )


B. Tahapan kegiatan

Menyusun instrumen : sesuai dengan lampiran PermenPAN-RB No 14/2017.

Menentukan populasi dan sampling

Populasi adalah penerima pelayanan di unit pelayanan sesuai ruang lingkup yang disepakati , metode sampling dengan kuota random sampling. Kuota sampel berdasarkan tabel Morgan and Krejc

Pengumpulan data  oleh PJ Mutu unit menggunakan instrumen yang disepakati.


Olah data : dilakukan secara kuntitatif dengan aplikasi Excell sehingga didapatkan angka prosentase dengan intepretasi :

C. HASIL PENGUKURAN
Rekapitulasi data berdasarkan 9 unsur yang dinilai :

Rekapitulasi data berdasarkan 9 unsur yang dinilai pada smt 1 dan smt 2