Berita / Berita Terbaru / Detail

KONSULTASI ALAT BANTU DENGAR (ABD) DI RSUD DR. SOEDIRMAN KEBUMEN

14 September 2020 15:04:01 WIB dibaca 7 kali



??Gangguan pendengaran dapat diatasi dengan berberapa macam solusi, salah satunya adalah dengan menggunakan alat bantu dengar.
Alat bantu dengar merupakan suatu perangkat akustik yang digunakan di dalam atau di belakang telinga seorang penderita gangguan pendengaran. Cara kerja alat bantu dengar adalah dengan memperkuat atau memperbesar suara di sekitar, sehingga membantu penggunanya untuk dapat mendengar lebih jelas.

??Perlu diketahui bahwa alat bantu dengar tidak dapat menyembuhkan gangguan pendengaran yang dialami oleh seseorang. Namun tetap saja, alat ini sangat membantu bagi seseorang yang menderita gangguan pendengaran.

??Memberikan Kemudahan dan Kenyamanan dalam Mendengar
Alat bantu dengar akan membantu seseorang untuk mendengar lebih baik dan lebih nyaman seolah-olah tidak ada masalah pada pendengaran. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat alat bantu dengar tidak hanya tersedia dalam ukuran yang besar. Saat ini sudah banyak tersedia alat bantu dengar dengan ukurannya yang kecil dan warna yang serupa dengan kulit sehingga tidak terlihat ketika digunakan. Pengguna alat bantu dengar tidak perlu merasa malu lagi untuk menggunakan alat bantu dengar dalam kegiatan sehari-hari.

??Mencegah Penyakit Pikun atau Demensia
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa gangguan pendengaran yang tidak segera diatasi dapat berdampak pada masalah kesehatan yang lebih serius, salah satunya adalah pikun atau demensia. Jika tidak ingin mengidap penyakit yang nampaknya sepele namun serius ini, maka jangan ragu-ragu lagi untuk menggunakan alat bantu dengar.

??Meningkatkan keseimbangan
Telinga adalah adalah pusat keseimbangan tubuh manusia. Jika terdapat masalah pada indera pendengaran, maka salah satu dampak buruknya adalah hilangnya keseimbangan tubuh.

??Meningkatkan Komunikasi dan Kepercayaan Diri
Fungsi alat bantu dengar adalah untuk membantu memperbesar volume dan memperjelas suara di sekitar, sehingga komunikasi yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Bahkan, kepercayaan diri penggunanya juga semakin meningkat karena tidak lagi mengalami masalah dengan pendengarannya.

??Terhindar dari Rasa Terisolasi yang Berujung pada Depresi
Merasa terisolasi dan depresi adalah salah satu dampak terburuk dari gangguan pendengaran yang tidak diatasi. Karena merasa tidak mampu mendengar, seseorang akan merasa terisolasi karena tidak mampu mengikuti percakapan dengan kerabat maupun teman-temannya. Hal ini membuat orang dengan gangguan pendengaran cenderung memilih untuk menjauh. Lebih parahnya lagi hal tersebut dapat berujung pada depresi. Alat bantu dengar akan membuat seseorang mampu mendengar dengan lebih baik sehingga komunikasi dengan teman dan kerabat tidak terganggu.

??Meningkatkan Kualitas Hidup
Ketidakmampuan dalam mendengar membuat komunikasi menjadi terganggu. Padahal sebagai makhluk sosial, komunikasi merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Alat bantu dengar akan membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat kemampuan mendengar menjadi lebih baik sehingga tidak ada masalah dalam berkomunikasi sehari-hari. Kualitas hidup pun akan meningkat karena hubungan sosial tetap terjaga dan terjalin dengan baik.

??Setelah mengetahui manfaat menggunakan alat bantu dengar, maka sebaiknya segeralah mengikuti saran dokter untuk mulai menggunakan alat bantu dengar.
Menunda untuk menggunakan alat bantu dengar akan membuat gangguan pendengaran semakin memburuk. Dengan kata lain, semakin lama Anda menunda menggunakan alat bantu dengar, semakin besar pula kesulitan Anda dalam mendengar di masa yang akan datang.

??Jika Anda membutuhkan Alat Bantu Dengar (ABD) silahkan bisa berkonsultasi ke Klinik THT RSUD dr. Soedirman Kebumen.

??KLINIK THT buka setiap hari,
JAM BUKA PENDAFTARAN :
??Senin sd Kamis = 06.30 - 11.00 WIB
??Jumat = 06.30 - 10.00 WIB
??Sabtu = 06.30 - 10.30 WIB
Pelayanan dokter : dr. Yayan Mitayani, Sp. THT, M. Kes.

---------------------------------------------------
Rumah Sakit dr. Soedirman Kebumen
Melayani Dengan Senyum ????
Jl. Lingkar Selatan Muktisari Kebumen
????CALL Centre : (0287)3873318 / (0287)381101
- Instagram : @rsuddrsoedirman
- Youtube : RSUD dr. SOEDIRMAN KEBUMEN
- Website : http://rsuddrsoedirman.kebumenkab.go.id
--------------------------------------------------------
__________________________________________
#RSDS #rsuddrsoedirman #rumahsakitkebumen #kebumen
#SobatSehatRSDS #Covid-19 #Coronavirus #GERMAS #PKRSRSDS #KlinikTHT #ABD #AlatBantuDengar