KEPUASAN MASYARAKAT
KEPUASAN MASYARAKAT
Menurut Pohan (2004:156-160) pasien atau masyarakat yang sakit membutuhkan fasilitas kesehatan yang memiliki kinerja pelayanan yang dapat memenuhi harapan dan tidak mengecewakan. Sedangkan kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Karenanya rumah sakit sebagai pengharapan masyarakat harus selalu menjaga mutu pelayanannya, karena mutu adalah apapun yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga kepuasan pasien harus menjadi perhatian dari Manajemen RS. Survey kepuasan pasien perlu diukur setiap bulan dan semua masukan atau keluhan pasien segera ditindaklanjuti.
Sesuai hasil monitoring Angka nKepuasan Masyarakat Periode Bulan Juli s.d. September 2016 RSUD Dr. Soedirman Kebumen, sebagaimana grafik di bawah ini.
Rata-rata pencapaian kepuasan pasien pada periode Juli s.d. September 2016 adalah 78,67% yaitu sedikit dibawah target/standar. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, setiap keluhan pasien langsung ditangani dalam waktu paling lambat 1x24 jam minimal dengan konfirmasi. Untuk memenuhi kebutuhan ini sudah terbentuk Tim Keluhan. Setiap bulan keluhan dibahas dalam rapat koordinasi guna perbaikan pelayanan.